Keker Enterprise----Keker Enterprise----Keker Enterprise

Sabtu, 09 April 2011

Kepuasan Menjalankan Usaha Kecil, Menengah dan Kelas Atas

Kepuasan dalam menjalankan bentuk usaha baik yang bersifat kecil, menengah atau kelas atas jika memperoleh keberhasilan merupakan perwujudan suatu perasaan jiwa yang sangat berpengaruh terhadap psikologis seseorang karena keberhasilannya dalam mengekspresikan dan mewujudkan keinginannya terpenuhi dan dapat memperoleh hasil sesuai dengan harapan yang dicita-citakan.
Usaha merupakan suatu bentuk kegiatan manusia untuk mengekspresikan kualitas dirinya dalam bidang-bidang tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan suatu keuntungan yang dapat untuk memenuhi kebutuhan dirinya. Keuntungan tersebut bukan hanya meliputi tentang aspek meteri namun juga tidak terlepas daripada keuntungan yang bersifat psikologis. Sebagai contoh seorang yang membuka suatu bentuk usaha di bidang pengadaan, jasa atau apapun bentuk usahanya, andaikan dalam menjalankan usaha tersebut mendapatkan suatu hasil yang sesuai dengan tujuan dan keinginannya sudah pasti mereka mendapatkan keuntungan secara materi, dan mereka mendapatkan kepuasan atas keberhasilan usahanya sehingga timbul perasaan psikologis yaitu kegembiraan.
Bentuk usaha dapat dibagi menjadi Usaha Kecil yaitu suatu bentuk usaha dengan bermodalkan sangat minim dan dalam menjalankan usaha tersebut tidak terlalu melibatkan banyak orang, biasanya dikerjakan sendiri atau bisa juga disebut dengan usaha rumahan yang berskala kecil dalam mengeluarkan bentuk atau jenis barangnya seperti warung kopi, warung makan sederhana dan lain-lain. Keuntungan yang didapatpun tidak begitu besar dan modalpun juga tidak terlalu besar, sebagian mereka berpendapat yang penting bisa memutar roda keuangan. Dan pastinya selalu berpegang pada hukum ekonomi mengeluarkan sekecil-kecilnya untuk mendapatkan yang besar.
Usaha menengah umumnya sudah melibatkan beberapa orang namun tidak terlalu banyak sedangkan bentuk barang atau produk yang dihasilkan juga terbatas pada suatu bentuk yang bersifat sesaat atau selalu dipakai orang lain dalam jangka waktu yang terbatas. Bentuk barangnya misalnya kebutuhan sehari-hari seperti sabun mandi, sabun cuci, gula pasir, kopi, teh dan masih banyak lagi macam barang yang dalam penggunaannya selalu habis dalam jangka waktu tertentu. Dari sisi permodalanpun belum bisa dikatakan besar karena masih berpijak pada besar kecilnya kebutuhan akan barang yang gunakan oleh konsumen namun sifat dari penggunaan barang yang dikeluarkan bersifat rutinitas dengan skala penggunaan pendek tidak memakan waktu yang lama, paling lama satu bulan atau bahkan mungkin satu minggu. Di dalam menjalankan usaha mereka masih tidak akan terlepas pada suatu pemenuhan kepuasan psikologis sebagai contohnya jika barang dagangan yang di keluarkan dapat terbeli habis sudah pasti keuntungan akan didapat dana kepuasan sudah pasti diperolehnya.
Usaha kelas atas sudah barang tentu akan melibatkan banyak orang dan modal yang diperlukan sangat besar serta memerlukan keahlian khusus yang disesuaikan dengan bidang usahanya. Jenis barang atau jasa yang di hasilkan rata-rata akan digunakan oleh sebagian orang dalam jangka waktu yang cukup lama minimalnya sekitar 5 tahun bahkan bisa lebih atau seumur hidup mereka akan menggunakan produk tersebut. Contoh yang dapat dilihat seperti usaha jual beli mobil baru maupun bekas, usaha realistit atau perumahan RSS yang mana para pengguna atau konsumen akan mengeluarkan materinya (uang) dalam jumlah yang sangat besar, dalam penggunaan barang juga tidak dalam waktu singkat pasti dalam menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Hasil dari usaha yang dijalankan seandainya produk yang dikeluarkan dapat terbeli sudah pasti akan mendapatkan suatu keuntungan yang sangat besar, sudah barang tentu kepuasan pengelola usaha akan terpenuhi baik secara materi maupun secara psikologis.

0 komentar:

Posting Komentar