Keker Enterprise----Keker Enterprise----Keker Enterprise

Sabtu, 09 April 2011

Konsep dan Tema Foto, Potret, Gambar, Profil Diri

Ekspresi, karakter diri seseorang dapat di eksploitasi atau digambarkan melalui media foto dengan berbagai konsep dan tema sesuai dengan kondisi dan suasana yang sedang terjadi saat dimana obyek berada. Faktor sekeliling obyek sangat berpengaruh terhadap munculnya detail ekspresi dari foto seseorang yang dapat menggambarkan kondisi psikologis yang sedang dialami.
Sebuah foto sangat berarti dan memiliki alur cerita apabila dilihat dengan perasaan dan penjiwaan yang dalam, untuk memunculkan karakter tersebut sebuah karya foto haruslah memiliki konsep yang mendasari sebuah ide kreatif yang selanjutnya menjadi sebuah tema dari potret (foto) yang dibuat. Konsep dan tema dalam karya foto sebaiknya saling berhubungan atau terkait erat, karena tema kalau tidak terkonsep dengan jelas bagaimana foto tersebut akan dapat bercerita dan memmiliki alur yang kuat dan jelas untuk menggambarkan karakter dan ekspresi dari obyek.
Tentang konsep sebuah karya fotografi sangat banyak ditemui disekitar kita atau bahkan mungkin kita sendiri memiliki suatu riwayat, kejadian atau kisah tentang saat suka maupun saat bahagia yang dapat menjadi sumber inspirasi untuk dijadikan sebuah konsep dalam pembuatan foto.
Sedangkan tema sebuah foto menggambarkan bagaimana alur dari konsep yang sudah ada dituangkan dalam bentuk profil dari obyek foto sehingga dapat membuat detail foto akan semakin menonjol terutama dalam ekspresi jika obyeknya adalah orang dan jika obyeknya adalah alam akan kelihatan bagaimana suasana alam tersebut indah, sejuk, dingin, panas dan sebagainya.
Jika digambarkan pada profil diri seakan-akan kita sedang berada didepan sebuah cermin yang bersih dari noda sehingga dapat melihat dengan jelas detail dari wajah kita, lekuk tubuh kita dan ekspresi wajah kita. Demikian juga jika obyek tersebut adalah pemandangan sekan-akan kita sedang berada pada lokasi yang terpampang pada foto yang sedang kita lihat, sehingga imajinasi kita seakan terbawa ketika kita memandangi dan menghayati suatu karya fotografi yang terpampang di depan kita.

0 komentar:

Posting Komentar